0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

TSTJ Siap Benahi Santiasi Kandang

Direktur Utama TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Manajemen Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) mengakui pihaknya belum melaksanakan pengolahan limbah kotoran binatang dengan benar. Direktur Utama TSTJ Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso mengatakan pihaknya akan segera membenahi kekurangan tersebut.

“Sesuai arahan Walikota, kita akan benahi sanitasi di TSTJ. Khususnya di bagian pembuangan kotoran binatang,” kata Bimo, Jumat (3/2).

Menurut Bimo, penataan sanitasi di TSTJ bukan hal yang sulit. Apalagi saat ini Manajemen TSTJ tengah menata ulang kandang binatang yang berada di TSTJ. Penataan sanitasi bisa dilakukan bersamaan dengan penataan kandang.

“Nggak sulit. Ini kan cuma limbah kotoran. Bukan limbah bahan kimia seperti di pabrik-pabrik,” kata dia.

Nantinya, setiap kandang dilengkapi saluran khusus yang bermuara ke instalasi pengolahan limbah lumpur tinja. Di fasilitas tersebut, limbah kotoran binatang diolah sehingga tidak menimbulkan bau saat dibuang ke sungai.

“Jadi limbah yang dibuang ke sungai sudah bersih. Tidak berbaru,” kata dia.

Ia menambahkan pembenahan sanitasi untuk kandang binatang di TSTJ akan segera dilakukan tahun ini. Penataan dilakukan menggunakan dana penyertaan modal dari Pemkot Solo senilai Rp 3 miliar.

“Salah satunya untuk penataan sanitasi,” kata dia.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge