0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Panen Padi, Tim Sergab Bayar Tunai Gabah Kering di Lokasi

Dandim Klaten Letkol Infanteri Eko Setyawan bersama tim serapan gabah petani atau sergap saat panen padi di Desa Balak, Kecamatan Cawas (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Tim serapan gabah petani (Sergap) dipimpin langsung Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian menggelar panen padi di Desa Balak, Kecamatan Cawas, Kamis (1/3). Istimewanya, hasil Gabah Kering Panen (GKP) langsung dibayar tunai di lokasi persawahan.

“Panen padi di Desa Balak ini mencapai luas 124 hektar. Kemudian Tim Sergab membeli harga GKP Rp 4300 per kilogram,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah, Suryo Banendro, Kamis (1/3).

Dalam panen tersebut, petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Klaten mengambil sampel padi dari hasil panen untuk mengetahui kandungan kadar airnya. Setelah dilakukan pengecekan, kadar air padi dari hasil panen mencapai 19 persen yang artinya tergolong baik.

Dandim 0723/Klaten Letkol Inf. Eko Setyawan mengatakan, tujuan dari program Sergap agar gabah dari para petani bisa terserap secara optimal oleh Bulog. Sedangkan Bulog Subdivre III Surakarta akan membeli gabah para petani yang sudah dijemur maupun gabah baru selesai dipanen dengan harga bervariasi, mulai Rp 3.700 per kilogram – Rp 4.300 per kilogram.

“Diharapkan padi milik para petani yang sudah dipanen bisa terserap secara maksimal oleh Bulog. Sehingga panen padi di Desa Balak ini mampu membantu serta mensukseskan progam pemerintah untuk swasembada beras,” kata Dandim Letkol Inf. Eko Setyawan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge