0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tingkat Kepatuhan Meningkat, Target Pajak KPP Pratama Sukoharjo Naik

Kakanwil DJP Jateng 2 dan Kepala KPP Pratama Sukoharjo memberikan keterangan pers (foto: Putra Kurniawan)

Solo Baru – Penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo 2017 mencapai 88,9 persen dari target dalam Anggaran pendapatan Belanja nasional Perubahan (APBNP) 2017. Pencapaian sebesar Rp 1,232 triliun paling besar tersebut dipengaruhi oleh program amnesti pajak 2016 yang mencapai Rp 85, 7 miliar. Sehingga angka pertumbuhan penerimaan pajak pada tahun 2017 mencapai 11, 98 persen.

“Program amnseti pajak sangat berpengaruh kepada pertumbuhan penerimaan pajak di Sukoharjo, selain adanya perbaikan ekonomi di sektor UMKM. Selaian itu tingkat kepatuhan pajak juga meningkat cukup signifikan dengan rasio mencapai 118 persen, dan ini yang akan kita pertahankan,” kata Kepala Kantor KPP Pratama Sukoharjo, Muslim Gunanta, Rabu (28/2).

Dari segmen pembayar pajak, pertumbuhan cukup siginifikan terjadi pada pajak orang pribadi terutama para peserta amnesti pajak. Pertumbuhan yang tinggi juga terjadi pada wajib pajak berpenghasilan bruto tertentu atau sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menandakan adanya perkembangan yang sehat di segmen ini.

Dengan kondisi ini, target penerimaan pajak KPP Pratama Sukoharjo pada tahun 2018 naik sekitar 30 persen dari 2017 menjadi Rp 1,44 triliun. Dengan beban ini, pihak KPP Pratama Sukoharjo optimis dapat tercapai dengan melanjutkan reformasi perpajakan yang bertujuan untuk membangun kepatuhan jangka panjang.

“Fokus kami di tahun 2018 mengamankan target penerimaan tersebut serta melanjutkan reformasi perpajakan untuk membangun kepatuhan jangka panjang yang berkelanjutan. Selain itu juga meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan instansi, lembaga, asosiasi usaha dan pihak ketiga lainnya,” tandasnya dalam acara apresiasi kepatuhan wajib pajak dan mendukung penerimaan pajak 2017 di Hotel Best Western Solo baru, Rabu (28/2).

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge