0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penipuan Jamaah Umroh

Ternyata PT Abu Tours Belum Kantongi Izin dari Kemenag Solo

Kantor Abu Tours di Jl Adi Sucipto No 113 B Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Solo nampak tertutup rapat (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Biro perjalanan haji dan umroh PT Abu Tours Cabang Solo belum memiliki izin resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo. Izin yang dimiliki biro tersebut hanya sebatas dari Kemenag Pusat.

“Kalau setahu kami, ijin Abu Tours di Kota Solo hanya sebatas lisan. Tapi belum melakukan pengurusan administratif izin secara legal,” terang Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kota Solo, Rosyid Ali Safitri saat dihubungi wartawan, Rabu (27/2) siang.

Menurut Rosyid, seharusnya cabang biro perjalanan haji dan umroh juga mengurus izin di lokasi pembukaan cabang mereka. Akan tetapi, praktek dilapangan mereka hanya melakukan pengurusan izin di tingkat pusat semata.

“Harusnya komplit, baik pusat, provinsi hingga Kota/Kabupaten. Tidak cuma pengurusan izin di sana (pusat) saja,” tandasnya.

Hal itu, lanjut Rosyid, untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan seperti terjadinya penipuan terhadap para calon jamaah umroh yang batal berangkat ke Tanah Suci. Padahal, mereka telah menyerahkan sejumlah uang kepada biro perjalanan haji dan umroh tersebut.

“Kalau seperti ini kan repot jadinya. Ya kita tetap berupaya maksimal, tapi kami serahkan sepenuhnya ke pihak berwajib untuk menindaklanjuti,” katanya.

Seperti diketahui, sebanyak 205 calon jamaah umroh yang mendaftar di PT Abu Tours cabang Kota Solo belum diberangkatkan. Ratusan calon jamaah itu, dijanjikan akan berangkat pada Bulan Januari dan Februari 2018. Akan tetapi, fakta dilapangan justru kantor Abu Tours Cabang Kota Solo telah tutup sejak 9 Februari lalu.

Terpisah, Kanit IV Penyidik Satreskrim Polresta Solo, Iptu Sudarmiyanto mengaku telah menerima laporan tindak penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh PT Abu Tours sejak pekan kemarin.

“Sudah ada 22 calon jamaah umroh Abu Tours yang melapor. Akan segera kami tindak lanjuti laporan tersebut,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge