0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kebut Rehab RTLH, Dana Desa Diwajibkan Biayai 5 Rumah

Penyerahan bantuan RTLH di Desa Jiwan, Karangnongko, Klaten (dok.timlo.net/ist)

Klaten — Pemkab Klaten melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) menargetkan pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) rampung pada tahun 2020. Sebab program RTLH merupakan salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan di Klaten.

“Tahun ini target rehab RTLH menyasar 2.500 unit rumah tangga miskin. Sedangkan alokasi bantuannya sebesar Rp 25 miliar,” kata Kepala Bappeda Klaten, Bambang Sigit Sinugroho, Selasa (27/2).

Selain menggelontorkan bantuan Rp 25 miliar, Pemkab tahun ini juga mewajibkan ke seluruh pemerintah desa untuk mendukung program RTLH. Caranya, setiap desa mengalokasikan rehab 5 unit RTLH yang bersumber dari anggaran Dana Desa.

Secara kalkulasi matematika, Bambang Sigit menyebut, tahun ini sebanyak 4.455 unit RTLH bakal dipugar. Pasalnya, total jumlah desa di Klaten sebanyak 391 desa. Artinya, dari bantuan dana desa ada tambahan 1.955 unit RTLH plus 2.500 unit dari pemerintah.

“Nilai bantuannya sama, yakni Rp 10 juta per rumah. Karena ini kan sifatnya stimulan. Yang terpenting bagaimana kegotong-royongan tercipta di masing-masing desa. Harapannya tahun 2020 nanti sudah tidak ada lagi RTLH di Klaten,” sebutnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge