0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hanya Jualan Karcis, BumDes Ini Mampu Raup Keuntungan Ratusan Juta

Ketua BumDes Sendang Pinilih, Desa Sendang Kecamatan Wonogiri, Sukamto (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Tahun ini, BumDes Sendang Pinilih Desa Sendang Kecamatan Wonogiri mentargetkan pendapatan naik dua kali lipat dari pendapatan tahun sebelumnya. Bahkan Tahun lalu mampu menyetor dana ke kas desa puluhan juta rupiah.

“Tahun lalu (2017) jumlah kunjungan wisata disejumlah obyek wisata yang kami kelola mencapai 89 ribu wisatawan. Itu hanya dari karcis masuk saja, kalau parkir sudah dikelola karang taruna,” ungkap Ketua BumDes Sendang Pinilih Desa Sendang, Wonogiri, Sukamto, Selasa (27/2).

Sukamto mengatakan, manajemen dan operasional baru berjalan satu tahun. Namun sudah mampu memberikan bagi hasil yang cukup banyak bagi desa.

“Penghasilan mencapai Rp 301.870.000. Dari jumlah tersebut kontribusi ke pendapatan asli desa sebesar Rp 40 Juta,” beber pengusaha mebel ini.

Pihaknya tidak main-main mengelola tempat wisata yang ada. Semua dipercantik supaya memberikan kenyamanan pengunjung. Sejumlah gazebo, dan tempat peribadatan sudah dibangun, termasuk kantong parkir luas.

“Tahun kedua 2018 ini kami menargetkan pemasukan Rp 600 Juta. Kami optimis bisa memenuhi target, salah satu langkahnya meningkatkan harga karcis masuk, dari semula Rp 4.000 menjadi Rp 5.000,” sebut dia.

Dia menjabarkan, andalan tempat wisata Sendang Pinilih antara lain, bukit tinggi di Watu Cenik dan Bukit Joglo, serta landasan pacu Gantole.

“Kami juga menyajikan olahraga pemacu andrenalin berupa gantole di landasan pacu Bukit Joglo. Pengunjung kami persilakan menikmati sensasi bergantole secara tandem dengan instruktur profesional. Apalagi kami sudah bekerjasama dengan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) khususnya pengembangan olahraga gantole. Kami ingin tempat ini semakin nyaman,” terangnya.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge