0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Astronot Inggris: Manusia Mendarat di Mars Pada 2030

Tim Peake. ()

Timlo.net—Astronot Inggris Tim Peake percaya manusia bisa mendarat di Planet Mars dalam 20 tahun ke depan. Dia berkata jika kesuksesan peluncuran roket Falcon Heavy milik Elon Musk menandai era baru pada penjelajahan ruang angkasa.

Dia berkata hal ini berarti jika manusia bisa hidup di Planet Merah itu lebih awal dibandingkan prediksi Pemerintah Inggris. Sebelumnya agensi ruang angkasa Inggris memprediksikan perjalanan ke Planet Mars bisa dilakukan pada pertengahan 2030-an.

Sebuah proyek yang dijalankan oleh berbagai badan ruang angkasa disebut the Depp Space Getaway bertujuan untuk meluncurkan misi berawak ke Mars dari ruang angkasa, tulis Daily Star. Dalam acara penggalangan dana Aerobility, Tim berkata jika konstruksi akan dimulai pada 2022. “Itulah yang saya benar-benar nantikan karena itu membuka jalan untuk pendaratan di Bulan dan karena orbit yang ditempuh, membuka jalan untuk sistem transportasi ke Mars. Manusia mendarat di Mars, saya kira pada akhir 2030-an,” ujar Tim.

“Itulah yang dikerjakan badan ruang angkasa pemerintah dan the International Space Exploration Group. Yang memicu semuanya ini adalah penerbangan ruang angkasa komersial—kita telah melihat ambisi orang-orang seperti Elon Musk, ada beberapa perusahan lain yang juga punya ambisi untuk mengirim orang ke Mars,” tambahnya.

“Saya pikir kita pada akhirnya akan bekerja sama dengan dekat dengan perusahaan ini dalam kerja sama swasta pemerintah saat kita akan pergi ke Mars. Itu bisa menghasilkan program yang lebih cepat. Tapi akhir 2030-an akan menjadi kerangka waktu yang realistis,” terang Tim.

Ayah dua anak yang dijuluki Major Tim itu sebelumnya mengungkap dia akan menjadi manusia pertama yang mendarat di planet merah. Dia menyelesaikan misi di International Space Station (ISS) pada 2016.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge