0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ratusan Unit PJU Bertenaga Surya Siap Terangi Wonogiri

PJU bertenaga surya terpasang di pinggir jalan kabupaten Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Tahun ini, Pemkab Wonogiri bakal memasang ratusan unit lampu penerangan jalan umum (PJU) di seluruh kecamatan. Proyek bernilai puluhan miliar rupiah itu bersumber dana dari Bankeuprov tahun 2018.

“Anggarannya dari Bankeuprov Rp 35 miliar, diproyeksikan untuk 807 unit PJU di 25 kecamatan,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Wonogiri, Ismiyanto, Senin(26/2).

Menurut Ismiyanto, PJU tersebut nantinya bertenaga surya dan menggunakan lampu LED 50 watt. PJU akan dipasang di sejumlah ruas jalan di seluruh kecamatan, terutama tepi jalan kabupaten sesuai kebutuhan dan skala prioritas. Bahkan kemungkinan jalan propinsi yang selama ini masih gelap gulita di malam hari pun bakal dipasang.

Secara teknis, pemasangan PJU akan dikoordinasikan dengan pemerintah kecamatan setempat, lantaran dinilai paling mengetahui titik mana yang membutuhkan penerangan. “Tapi soal jumlah PJU di setiap kecamatan kita yang menentukan. Namun kita juga akan meminta petunjuk dan saran Bupati jika ada lokasi yang dipandang perlu diberi PJU maka kami akan kerjakan,” jelasnya.

Dia menyebut, antara pagu dan realisasi bisa saja berbeda. Seperti tahun lalu, PJU dianggarkan Rp 15 miliar untuk 307 unit PJU dengan harga per unit Rp 43 juta, namun realisasinya mendapatkan harga lebih murah yakni Rp 41 juta per unitnya, sehingga unit PJU pun menjadi lebih banyak, yakni 346 unit PJU.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge