0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Takut Longsor, Ratusan Warga Kismantoro Ngungsi

BPBD Wonogiri cek lokasi penurunan tanah dan pemantauan pengungsi di Kecamatan Kismantoro (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Pergerakan tanah di Dusun Joho, Desa Gedawung, Kecamatan Kismantoro kembali mengalami peningkatan. Bidang tanah sekitar dua hingga tiga meter dengan panjang 200 meter melingkar di sekitar rekahan tanah yang lama pun mengalami penurunan. Bahkan, akibat penurunan bidang tanah itu menyebabkan longsoran tanah dan menimpa dinding rumah milik Darmo (60), warga setempat.

“Pengecekan terhadap peningkatan pergerakan tanah telah kami lakukan bersama Camat dan aparat Babinsa/ Babinkamtibmas serta Kades setempat, mengingat kontur tanah telah mengalami perubahan dan dimungkinkan dapat mengakibatkan luncurkan tanah lagi,” ungkap Kepala Pelaksana Harian BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto,Selasa(27/2).

Mantan Camat Selogiri ini juga menyatakan, semua warga telah diinstruksikan untuk tidak beraktivitas di sekitar daerah tersebut. Pihaknya telah mengupayakan penanganan terhadap warga terdampak dengan mendirikan pos pengungsian lengkap dengan dapur umunya di dua tempat.

“Saat ini jumlah pengungsiĀ  sebanyak 51 KK atau 185 jiwa. Mereka bertahan di pos pengungsian dan tetap berjalan sejak 2 Februari 2018,” paparnya.

Dukungan lain, imbuh Bambang Haryanto, untuk para pengungsi dimana kebutuhan logistik masih tercukupi dan layanan kesehatan pun sudah dilakukan oleh tim medis dari DKK Wonogiri.

“Kita juga intens koordinasi dengan ESDM Propinsi, dan sekarang masih menunggu hasil kajian teknisnya,” jelasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge