0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

PMI Boyolali Akhirnya Miliki Mesin Pengolah Trombosit Darah

(dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Masyarakat Boyolali tak perlu lagi mencari ke luar kota saat membutuhkan darah bagi pasien demam berdarah. Pasalnya, PMI Cabang Boyolali kini telah memiliki alat untuk mengolah trombosit darah atau Refrigated Centrifuge. Sebelumnya, masyarakat yang butuh darah untuk penderita demam berdarah harus ke wilayah lain.

“Kita beli akhir tahun 2017 lalu, setelah mendapat bantuan dari Pemkab Boyolali senilai Rp 1,2 miliar,” kata Ketua PMI Boyolali Cahyo Sumarso, Senin (26/2).

Dijelaskan, selain untuk pengadaan alat pengolah trombosit darah, juga digunakan untuk pengadaan alat medis lain dan kebencanaan. Seperti misalnya untuk persalinan dan gigi. Keberadaan alat pengolah trombosit darah ini, mampu mencukupi kebutuhan bagi masyarakat. Selain untuk melayani warga Boyolali, juga melayani warga luar Boyolali. Dengan catatan, selama stok trombosit masih tersedia.

“Permintaan trombosit meningkat, terutama saat penyakit demam berdarah mewabah,” imbuhnya.

Diakui, selama ini, warga Boyolali harus mencari trombosit darah ke luar daerah, seperti ke PMI Solo. Rata-rata per tahun, permintaan atau kebutuhan trombosit untuk masyarakat Boyolali sekitar 400 sampai 500 kantung.

“Harapan kita, penderita demam berdarah bisa segera terlayani dengan keberadaan alat ini,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge