0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ingin Mendunia, Pandes Terapkan Desa IT Terpadu

Kades Pandes Heru Purnomo, berdiri, saat mempresentasikan Desa IT Terpadu (dok.timlo.net/ist)

Klaten — Pemerintah Desa Pandes, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten menasbihkan diri sebagai Desa Informasi Teknologi (IT) Terpadu, Senin (26/2). Peluncuran secara simbolis dilakukan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani.

“Secara infraksturktur sebenarnya sangat sederhana, yakni ada area Wifi, lalu pemanfaatan IT dan komunikasi untuk pelayanan publik secara terpadu,” ujar Kepala Desa (Kades) Pandes, Heru Purnama, Senin (26/2).

Dijelaskan, perkembangan IT saat ini sudah tidak terbendung. Pemerintah desa sudah saatnya memanfaatkan IT secara terpadu untuk membangun sistem yang transparan, efektif, dan efisien. Salah satunya dengan membuatkan blog atau situs-situs yang menjadi wadah organisasi atau paguyuban di Desa Pandes.

“Kita buatkan blog untuk masing-masing organisasi, misalnya pemberdayaan perempuan untuk wadah pegiat UMKM agar bisa memasarkan secara global, di kepemudaan kita wadahi berlatih memanfaatkan IT, dan pelatihan apa yang mereka inginkan. Di internal pemerintahan desa secara surat menyurat sejak tahun lalu sudah menerapakan Sistem Informasi Desa (SID).

Sedangkan Bupati Klaten Sri Mulyani menyebut, sudah ada sekitar 20 desa di Klaten yang siap menerapkan Desa Informasi Teknologi (IT) Terpadu. Ia berharap, launching di Pandes ini bisa memacu pemerintah desa lainnya untuk menerapkan hal serupa.

“Harapan saya dalam melaksanakan tugas-tugasnya bisa memudahkan perangkat pemerintah Desa Pandes. Disisi lain, soal transparansi anggaran juga bisa diketahui masyarakat. Lalu bisa mempromosikan kegiatan desa dan potensinya, serta pemberdayaan ibu-ibu PKK,” kata Sri Mulyani.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge