0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Nokia 1, Smartphone Android Go Dengan Harga Terjangkau

Nokia 1. (gsmarena.com )

Timlo.net—HMD Global mengumumkan Nokia 1 sebagai smartphone termurah mereka. Harga Nokia 1 sekiar 75 euro (Rp 1,2 juta). Fitur paling utama dari smartphone itu adalah Android Oreo (Go Edition). Go Edition adalah Android yang dirancang khusus untuk perangkat bertenaga rendah. Google merilis banyak aplikasi Android khusus untuk Go Edition. Tapi Nokia 1 adalah smartphone pertama yang diciptakan khusus untuk proyek ini, tulis GSM Arena.

Android Oreo (Go Edition) diperkenalkan kali pertama pada Juni 2017. Android ini dilengkapi aplikasi Android versi ringan. Misalnya YouTube Go, aplikasi YouTube versi ringan. Fitur di dalamnya memampukan pengguna mengunduh video untuk ditonton saat offline. Selain itu YouTube Go hanya menawarkan resolusi video tertinggi 480p.

Gmail Go adalah aplikasi lain. Aplikasi Gmail versi ringan itu mengizinkan pembacaan email versi offline dan menggunakan RAM lebih sedikit. Gboard Go adalah aplikasi keyboard bawaan untuk Nokia 1. Di dalamnya tidak terdapat fitur pencarian GIF, stiker dan mode one-handed. Keyboard ini hanya perlu 50% memori dari yang digunakan Gboard versi lengkap.

Walaupun fitur-fitur tertentu tidak terdapat pada Android Oreo (Go Edition) bukan berarti smartphone ini kalah canggih. Nokia 1 punya Google Assistant Go edition. Asisten digital itu bisa diperintahkan untuk menelepon, mengirim pesan, memainkan musik, dan mengecek cuaca. Tapi asisten cerdas itu tidak bisa mengontrol perangkat rumah cerdas.

Nokia 1 memiliki spesifikasi yang cukup standar. Layarnya 4,5 inci dengan resolusi 480×854 piksel, chipset MediaTek MT6737M dengan CPU quad-core dengan 1,1 Ghz. Kamera belakang sebesar 5MP, dilengkapi dengan LED flash. Kamera depan 2MP untuk selfie dan video chat. Tempat penyimpanan internal sebesar 8GB. Nokia 1 mendukung slot microSD hingga 128GB. Nokia 1 ditenagai oleh baterai berkapasitas 2.150 mAh.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge