0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tertarik Ikut Lelang Barang Milik Negara? Begini Caranya

Auction Week di CFD (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Tak banyak yang tahu bahwa Pemerintah setiap saat harus menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Sesuai Peraturan Menteri Keuangan No 86/PMK.06/2016, barang-barang tersebut harus dihapuskan dari daftar aset negara. Salah satunya melalui mekanisme lelang.

“Lelang itu terbuka untuk siapa saja. Siapa pun boleh ikut,” kata Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Solo, Moh Arif Rochman, Minggu (25/2).

Untuk mengikuti lelang tersebut, kita cukup membuka laman https://www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id. Sebelum dapat mengikuti lelang, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Untuk itu, cukup memasukkan alamat email yang aktif, No KTP, dan NPWP yang valid. Lalu tunggu email verifikasi dari DJKN.

“Setelah terverifikasi, sudah bisa ikut lelang,” kata dia.

Untuk mengikuti lelang suatu barang, cukup klik barang yang diminati lalu klik tombol ’ikuti lelang’. Di layar berikutnya, kita harus menyetorkan uang jaminan sesuai informasi yang tertera pada spesifikasi lelang.

“Uang jaminan disetorkan ke virtual account yang tertera di layar,” kata dia.

Setelah lelang dimulai, kita bisa menawar sesuai dengan kemampuan bayar kita. Bila kita menang, kita bisa langsung membayar harga yang disepakati dikurangi uang jaminan yang kita setorkan paling lambat lima hari setelah pengumuman lelang.

“Kalau belum menang, uang jaminan akan dikembalikan ke nomor rekening penyetor,” kata Arif

Objek-objek lelang bisa berupa barang bergerak maupun tidak bergerak seperti tanah, rumah, mobil, dan lain sebagainya. Selain Barang Mlik Negara, DJKN juga melelang barang-barang sitaan pemerintah maupun Bank.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge