0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kenalkan Disiplin Berlalulintas dengan Metode Ular Tangga

Kenalkan disiplin berlalulintas dengan metode ular tangga (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Pengenalan terhadap berbagai rambu lalu lintas dan tertib berlalu lintas terhadap anak sangatlah penting. Hal ini mendorong Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo mengadakan sosialisasi ke sejumlah sekolah serta forum anak untuk menanamkan sikap disiplin berlalulintas.

Kemasan kegiatan bagi anak ini tentu saja berbeda dengan kegiatan bagi orang dewasa. Pengenalan rambu dilakukan dengan permainan ular tangga.

Menggandeng Komunitas Sinau Bareng Anak Banyuanyar (SIBA), pelaksanaan sosialisasi yang diikuti lebih dari 50 anak tersebut berlangsung menarik dan interaktif. Terlihat anak yang berkumpul di Pendopo Kelurahan Banyuanyar, Banjarsari, Solo sangat antusias mendengarkan penjelasan dan bersemangat melakukan permainan.

“Pada intinya permainan ular tangga ini jika benar menjalankan instruksi, maka akan dapat tangga naik. Sedangkan jika melanggar lalu lintas akan mendapatkan ular dengan hukuman turun nomor,” ungkap Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalulintas, Dishub Solo, Ari Wibowo, Jumat (23/2).

Dengan sejumlah permainan ini, diharapkan anak lebih mudah dalam memahami aturan berlalulintas, dan disiplin dalam melaksanakannya.

Salah seorang peserta sosialisasi, Afifah mengatakan, dirinya baru pertama kali mengikuti kegiatan serupa. Dirinya senang dan ingin menerapkan disiplin berlalulintas yang sudah diajarkan.

“Belum pernah, baru sekali ini. Suka permainannya, kalau sudah di jalan bisa diterapkan,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge