0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dua Negara Asia Ini Punya Paspor Paling Kuat di Dunia

Paspor Singapura. (nextshark.com )

Timlo.net—Singapura sekarang berbagi posisi dengan negara Asia lainnya sebagai pemilik paspor paling kuat atau sakti di dunia. Passport Index adalah organisasi yang meranking negara berdasarkan kebebasan berwisata juga kebutuhan visa. Mereka menyatakan jika Singapura dan Korea Selatan berbagi posisi pertama dalam daftar negara dengan paspor yang paling kuat. Daftar itu dirilis Selasa minggu ini, tulis Nextshark.

Naiknya posisi negara-negara Asia dalam daftar ini dipengaruhi perubahan yang diberlakukan oleh pemerintah Uzbekistan awal bulan ini. Mereka memberikan akses bebas visa kepada tujuh negara berlaku hingga 30 hari. Ketujuh negara itu adalah Israel, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Jepang, Turki dan Singapura.

“Kami saat ini tidak hanya melihat satu tapi dua negara Asia dengan paspor paling kuat di dunia,” ujar Arman Arton, pendiri dan presiden Arton Capital dalam sebuah pernyataan.

“Ini adalah bukti dari meningkatkan rasa hormat dan kepercayaan global terhadap negara-negara Asia,” tambahnya.

Negara-negara Eropa biasanya mendominasi daftar ini. Sebelumnya Jerman menduduki posisi pertama negara dengan paspor paling kuat tahun lalu. Sekarang Jerman berbagi posisi dengan Jepang di urutan kedua.

Paspor Amerika Serikat (AS) berada di posisi kelima bersama Switzerland, Irlandia, dan Kanada. “Berkat ranking unik real-time dan pertama yang pernah ada dari The Passport Index, kami bisa menyaksikan perubahan tren kekuatan paspor,” lanjut Arman.

“Orang-orang tidak suka batas imajiner yang membatasi peluang mereka dalam hidup. Punya berbagai paspor telah menjadi norma baru dan orang-orang yang belum berinvestasi dalam hak istimewa ini merasa gelisah dan ditinggalkan,” ujarnya.

Menurut Passport Index, kekuatan paspor sebuah negara ditentukan oleh beberapa hal. Terutama oleh skor bebas visa yang diperoleh pemegang paspor saat mengunjungi berbagai negara di dunia. Semakin banyak negara yang memberikan akses bebas visa kepada paspor yang dikeluarkan sebuah negara, semakin kuat paspor itu. Indonesia sendiri menduduki peringkat ke-61 pada 2018, berbagai tempat dengan Swaziland.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge