0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

67 Potong Kayu Ulin Ilegal Diamankan Polisi

Timlo.net — Polres Tanah Laut, Kalimantan Selatan, berhasil mengamankan sebanyak 67 potong kayu ulin olahan berbagai ukuran diduga ilegal.

“Pelaku kami amankan berinisial Sar bersama satu buah mobil dengan nomor polisi DA 9345 PK saat mengangkut kayu ulin,” kata Kasat Reskrim Polres Tanah Laut AKP Agus Rusdi di Pelaihari, Kamis (22/2).

Dikatakannya, pelaku bersama barang bukti, ditangkap dan diamankan pada Selasa (20/2) sore sekitar pukul 14.30 Wita di wilayah Kabupaten Tanah Laut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan anggota di lapangan, pelaku saat ditangkap tidak bisa menunjukan dokumen sahnya dari barang bukti kayu ulin yang diamankan saar patroli.

“Modus dari pelaku mencari keuntungan dengan melakukan pengangkutan dan penjualan kayu Ulin tanpa ijin yang sah,” ucapnya.

Kasat terus mengatakan, atas perbuatan tersebut, pelaku dikenakan pasal 83 ayat 1 huruf b atau pasal 88 ayat 1 huruf a Undang-Undang Republik Indonesia No 18/2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

“Ancaman dari pidana itu paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun serta denda paling paling banyak Rp 2,5 Miliar,” tuturnya.

Polres Tanah Laut mengimbau kepada masyarakat untuk tidak merusak hutan atau mengangkut kayu ulin tanpa dilengkapi dokumen yang sah, bila kedapatan akan ditindak tegas.

Sumber : Antara

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge