0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sosialisasi Keselamatan Berkendara, Empat Sehat Lima Selamat

Dishub Boyolali sasar anak TK dan SD dalam sosialisasi keselamatan berkendara (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Tak hanya jajaran Satlantas Polres Boyolali yang gencar melakukan sosialisasi keselamatan berkendara. Di Boyolali. Dinas Perhubungan (Dishub) juga melakukan hal serupa. Kali ini yang menjadi target adalah anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) dan siswa Sekolah dasar (SD).

“Target kita siswa SD dan TK. Mereka harus dikenalkan sejak dini,” kata Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Boyolali, Didik Riyanto, Kamis (22/2).

Dijelaskan, sosialisasi keselamatan berkendara dilakukan di sekolah-sekolah. Diakui Didik, bila dari usia dini sudah paham berlalu lintas yang baik, maka lebih mudah untuk melaksanakan keselamatan yang dapat menjamin diri sendiri maupun pengguna jalan yang lain.

“Budaya keselamatan berlalu lintas harus terus digalakkan di masyarakat, saat ini pelanggaran Lalin masih sangat tinggi,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Kasi Keselamatan Dishub, Eka Nurjananta. Disebutkan, sosiliasasi dengan sasaran anak TK dan SD, sebagai upaya menciptakan karakter anak anak usia dini untuk lebih mengenal cara tertib lalu lintas.

“Semboyan kita empat sehat lima selamat untuk anak-anak,” ujarnya.

Empat sehat lima selamat yaitu sehat jasmani dan rohani saat berkendara, sehat kendaraan yang akan digunakan semua alat perlengkapan harus berfungsi dan sehat kondisi mesin. Unsur yang keempat yakni sehat navigasi seperti rambu dan sehat dalam beretika berlalu lintas. Seperti  misal kelengkapan dan keselamatan dalam berkendara.

“Terakhir berdoa sebelum melakukan perjalanan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge