0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemerintah Diminta Cari Solusi Cegah Penurunan Tanah di Jawa

Ketua DPR Bambang Soesatyo (sumber: dpr.go.id)

Timlo.net – Pemerintah diminta segera melakukan pencegahan terhadap penurunan tanah di Pantai Utara Pulau Jawa. Akibat penurunan tanah, diklaim sebabkan 101 desa terendam.

“Pantai Utara Pulau Jawa, terutama di Kabupaten Semarang, Demak, dan Pekalongan, mengalami penurunan tanah yang menyebabkan banyak desa terendam,” kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di Jakarta, Kamis (22/2).

Menyikapi penurunan kawasan pantai utara Pulau Jawa, Bambang Soesatyo meminta Pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait, melakukan upaya pencegahan agar tidak lebih banyak desa yang terendam.

Bamsoet, panggilan akrab Bambang Soesatyo, juga meminta Komisi IV DPR RI yang berminta dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pertanian, mendorong Pemerintah untuk melakukan upaya pencegahan, seperti pembangunan tanggul raksasa, mengingat kawasan tersebut berpotensi tenggelam 50 tahun ke depan jika terus mengalami penurunan.

“Komisi IV juga harus mendorong Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk mengkaji lebih dalam mengenai solusi untuk pencegahan penurunan tanah di tiga kabupaten tersebut,” katanya.

Sumber: Antara

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge