0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dibeli Murah, Teko Teh Rusak Ternyata Bernilai Rp 8,7 Miliar

Teko teh langka. (thesun.co.uk)

Timlo.net—Seorang pria asal South West England, Inggris membeli sebuah teko teh rusak seharga £15 (Rp 285 ribu). Setelah dilelang, teko itu terjual dengan harga £460,000 (Rp 8,7 miliar).

Teko teh dari porselen putih dan biru itu dianggap tidak berharga karena rusak. Pegangan teko itu sendiri sudah retak. Tapi ternyata teko itu merupakan karya tukang pot legendaris, John Bartlam. John dianggap sebagai produsen porselen pertama di Amerika Serikat (AS). Dia juga dianggap sebagai harta nasional AS.

Teko itu dilelang di New York’s Metropolitan Museum of Art, Salisbury, Wilts, Inggris. Harga lelang dimulai dari £10,000 (Rp 189,7 juta). Padahal pria itu membeli teko itu senilai £15 dalam sebuah lelang di Midlands, Inggris.

Teko itu dipercaya sebagai satu-satunya teko yang dibuat oleh John.  Dalam teko terdapat pola lukisan dua ekor bangau berada di bawah sebuah pohon palem. Sekarang teko itu dikirim ke sebuah museum di AS. Sang penjual misterius itu, seorang pria paruh baya menulis sebuah pernyataan, “Saya sudah mempelajari keramik selama 30 tahun dan tidak pernah bermimpi saya akan menemukan benda langka seperti ini.”

“Saya tidak hanya sangat senang dengan hasilnya untuk diri saya sendiri, tapi juga karena teko itu kembali ke Amerika di mana benda itu akan dipamerkan kepada masyarakat dari generasi ke generasi,” tambah pria itu dilansir dari The Sun.

Ahli benda antik Inggris Roderick Jellicoe membeli teko itu atas nama museum. Dia berkata, “Dengan benda yang sangat penting ini, semua orang di ruang lelang sangat sekretif.”

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge