0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Gara-Gara Sit Up, Wanita Ini Lumpuh Dari Leher ke Bawah

Marcelle Mancuso. (instagram.com)

Timlo.net—Seorang model fitness Instagram mengalami kelumpuhan dari leher ke bawah. Kelumpuhan itu diakibatkan oleh kecelakaan saat dia melakukan inverted sit up di tempat fitness.

Model bernama Marcelle Mancuso, 23, mengalami keretakan tulang belakang setelah dia jatuh dari kursi saat melakukan olahraga perut itu. Dokter memasang enam sekrup dan sebuah piringan titanium pada tulang belakangnya. Para dokter memperingatkan jika dia bisa mengalami tetraplegic seumur hidup.

inverted sit up (independent.co.uk)

Tapi setelah berbulan-bulan menjalani fisioterapi, dia bisa bergerak kembali. Wanita lulusan hukum itu sekarang kembali berolahraga dan bahkan melakukan inverted sit up lagi.

“Hari itu hanyalah hari latihan normal seperti biasanya. Saya melakukan inverted sit up dan posisi saya terbalik. Tubuh saya diikat dengan tali ke kursi, sayangnya tali itu putus dan pelatih pribadi saya tidak bisa menahan tubuh saya,” terang Marcelle kepada The Sun.

Marcelle saat dirawat di rumah sakit (independent.co.uk).

Saya jatuh dengan kepala lebih dulu menghantam lantai dan segera lumpuh saat itu setelah jatuh. “Diagnosanya saat itu adalah tetraplegia—tidak ada gerakan pada tangan atau kaki. Para dokter tidak tahu jika saya akan bisa berjalan lagi atau jika saya hanya bisa berbaring di tempat tidur selamanya,” tambahnya.

“Saya takut, tapi iman saya selalu berbicara lebih kuat dan saya bersyukur pada Tuhan masih bisa hidup. Kedua orang tua saya putus asa dan takut kehilangan saya tapi saya selalu termotivasi,” ujar Marcelle.

Hasil rontgen Marcelle (independent.co.uk).

“Saya berusaha yang terbaik setiap hari dalam terapi fisik. Saya pikir jika gerakan saya tidak kembali maka itu bukanlah kesalahan saya, itu akan menjadi nasib saya. Saya bersedia berjuang hingga menit terakhir. Gerakan saya kembali perlahan-lahan. Para dokter terkejut dengan pemulihan yang saya alami,” terang Marcelle.

“Suatu hari saat saya berada di kantor sang dokter berterima kasih pada sang dokter yang mengoperasi saya, dia berkata, ‘Jangan berterima kasih padaku, berterima kasihlah pada dia yang di atas– ini karyanya’- maksudnya Tuhan,” tambahnya.

Sebelum kecelakaan itu terjadi, Marcelle rajin olahraga bodybuilding, berlari dan Muay Thai. Kecelakaan itu sendiri terjadi saat dia berolahraga di tempat fitness di Sao Jose do Rio Preto, Brazil pada Januari 2016.

Inverted sit up adalah gerakan sit up yang dengan berbaring pada kursi gym. Biasanya kursi itu diangkat salah satu ujungnya. Posisi orang yang melakukan sit up ini dibalik, kepala di bawah dan kaki di atas. Dua kaki Marcelle saat itu diikat kepada kursi bagian atas sebagai pengaman. Sayangnya tali itu terlepas sehingga tubuh Marcelle melorot. Kepalanya menghantam lantai terlebih dulu.

Dia mematahkan tulang belakang nomor lima di bagian leher. Tulang bagian ketiga pada akhirnya terpencet. “Saya tidak bisa bergerak dari leher ke bawah setelah kepala saya menghantam lantai,” ujarnya.

“Saya bisa menggerakkan mata. Saya berusaha tetap tenang dan mulai berdoa,” terangnya.

Dia lalu dilarikan ke rumah sakit. Walau para dokter sangsi dia bisa bergerak lagi, keajaiban terjadi. Tiga hari setelah dirawat dia bisa menggerakkan jari tangan dan kakinya. Dalam seminggu, dia bisa berdiri dengan alat bantu.

Sebulan setelah kecelakaan, dia bisa berjalan dengan alat bantu. Marcelle perlu waktu tiga bulan supaya bisa berjalan dalam jarak dekat tanpa bantuan. “Setelah empat bulan saya mulai melatih kekuatan kaki saya dan lima bulan setelah kecelakaan saya tidak merasa pusing dan lemas saat berjalan,” katanya.

“Setelah enam bulan, saya bisa berjalan dan kaki saya tidak gemetaran lagi,” ujar Marcelle. Dia sekarang kembali berolahraga di tempat fitness. Bahkan lebih aktif dibandingkan sebelumnya. “Kadang-kadang terasa seperti mimpi buruk. Saya punya kehidupan normal saat ini dan saya bersyukur kepada Tuhan sepanjang waktu untuk itu! Saya belajar menghargai hal-hal kecil dalam hidup, seperti bisa bangun dari tempat tidur dan bisa sikat gigi tanpa bantuan. Saya ingin menolong dan menginspirasi banyak orang yang melewati masa-masa sulit,” ujar Marcelle.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge