0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Misteri Gerbang Kematian di Turki Terungkap

Gerbang kematian, Hades' Gate. (thesun.co.uk)

Timlo.net—Sebuah misteri menyelimuti sebuah kuil peninggalan Yunani kuno di Provinsi Denizli, Turki. Kuil itu disebut sebagai gerbang neraka atau Hades’ Gate. Segala jenis hewan atau burung liar yang mendekat dikatakan langsung mati. Menurut legenda, mereka mati karena terkena nafas mematikan dewa dunia bawah, Hades. Selama masa Yunani dan Romawi kuno, orang-orang yang mendekat ke kuil itu juga dikatakan mati.

Para ilmuwan percaya mereka menemukan alasan kenapa hal ini terjadi. Alasannya sederhana yaitu gas. Dalam jurnal Archaelogical and Anthropological Sciences, para peneliti menulis penjelasannya.  Gua dalam kuil itu berada di atas retakan yang terus mengeluarkan gas karbon dioksida. Bahkan hingga saat  ini. Semakin dekat ke tanah, semakin besar ukuran karbon dioksida yang dikeluarkan. Oleh karena itulah kenapa hewan mati saat mendekat, tulis Indy100.com.

Burung-burung mati di dalam kuil (thesun.co.uk).

Arah angin dan sinar matahari juga berperan dalam penyebaran gas mematikan itu. “Karbon dioksida mencapai jumlah tertinggi selama malam hari yang bisa membunuh seorang manusia dengan mudah dalam waktu semenit. Emisi ini dianggap menggambarkan nafas Hades dan atau nafas anjing neraka Kerberos yang menjaga pintu masuk neraka,” tulis para peneliti dalam jurnal.

“Penghitungan yang kami lakukan membenarkan adanya C02 geogenis dalam konsentrasi yang menjelaskan kenapa situs kuno itu membunuh banteng, kerbau dan burung selama upacara agama. Mereka juga menjadi alasan kuat, paling tidak dalam kasus Hierapolis, para penulis kuno seperti Strabo dan Plinius menggambarkan sebuah fenomena mistis ini. Dua ribu tahun lalu, hanya kekuatan supernatural yang bisa menjelaskan fenomena ini,” tambah para peneliti.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge