0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Google Rilis Auto Ads, Gunakan AI Pilih Tempat Terbaik Tampilkan Iklan

Google Adsense. (ubergizmo.com )

Timlo.net—Sebagian besar iklan yang Anda lihat pada situs bersifat otomatis. Artinya sang pengelola situs hanya perlu memasang kode iklan di situs mereka. Isi iklan akan secara otomatis muncul dan juga berganti secara otomatis.

Akan tetapi ada ilmu tersendiri terkait penempatan iklan supaya hasilnya maksimal. Misalnya menaruh iklan banner di bagian bawah situs tidaklah sama efektifnya dengan iklan banner di bagian atas. Alasannya karena bagian atas adalah bagian pertama dari sebuah situs yang dilihat pengunjung.

Google ingin mempermudah penempatan iklan. Sehingga kita tidak perlu pusing memikirkan tempat terbaik untuk menaruhnya. Mereka merilis Auto Ads, nama unit baru iklan Adsense. Unit baru itu bertujuan membuat penempatan iklan dalam situs berlangsung otomatis.

Unit ini memakai artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk menganalisa sebuah halaman situs. Setelah itu sistem AI itu akan menentukan di mana iklan harus dipasang. Program iklan Adsense milik Google biasanya menunjukkan iklan yang sesuai dengan konten sebuah situs. Sedangkan Auto Ads ini akan belajar penempatan iklan yang terbaik untuk situs, tulis Ubergizmo.

Sebelumnya Auto Ads dirilis dalam versi trial atau beta awal tahun lalu. Sekarang fitur ini dirilis kepada para pengelola situs anggota Adsense. Tapi menurut beberapa orang yang menguji fitur ini, mereka mengatakan Auto Ads justru mendatangkan masalah. Iklan yang dipasang dengan Auto Ads justru agak mirip spam. Halaman situs malah justru dipenuhi iklan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge