0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pilgub Jateng, Ini Aturan Pemasangan Alat Peraga Kampanye

Pembahasan penempatan alat peraga kampanye di KPU Solo  (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Lokasi titik penempatan alat peraga kampanye dalam Pilgub Jateng 2018 mulai dibahas Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Solo, Rabu (21/2). Berdasar aturan yang ditetapkan, tiap daerah. baik kota maupun kabupaten mendapatkan jatah lima titik saja.

“Kalau untuk Kota Solo, berarti pemasangan alat kampanye hanya dua titik di tiap kecamatan,” terang Ketua KPU Kota Solo Agus Sulistiyo kepada wartawan.

Dikatakan, pemasangan alat peraga nantinya akan difasilitasi KPU. Akan tetapi, pasangan calon (Paslon) yang ingin melakukan penambahan maksimal hanya diperbolehkan mencapai 150 persen dari jumlah yang disediakan KPU.

“Kalau ada penambahan menggunakan biaya dari Paslon sendiri,” kata Agus.

Terkait titik-titik yang akan dipasangi alat peraga kampanye, Agus mengaku, masih akan melakukan pembahasan lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait.

“Untuk titiknya masih kita bahas lebih lanjut,” kata Agus.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Bidang Pengawasan, Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Muh Mutaqin mengatakan, pihaknya akan tegas jika ditemukan pemasangan alat peraga kampanye yang dipasang tidak sesuai tempat yang disepakati. Hal ini berdasar pada aturan Perwali No 2 tahun 2009 tentang Ketentuan Pemasangan Alat Peraga Kampanye.

“Jika dipasang tidak sesuai tempatnya, akan diturunkan. Jika itu sifatnya berbayar, nanti urusannya sama BPPKAD (Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah),” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge