0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kasus Anak, Ini Kata Dinsos

Kepala Dinsos Solo, Rohana (Dok.Timlo.net/)

Solo — Dinas Sosial (Dinsos) Kota Solo siap menanggung biaya perawatan bagi pemulihan fisik dan mental anak RP (4) korban kekerasan yang dilakukan orang tua tirinya. Dinsos juga siap melakukan pendampingan selama anak dalam perawatan.

“Kita yang menanggung. Karena memang ada anggaran untuk menyelesaikan permasalahan seperti ini,” papar Kepala Dinsos Solo, Rohana, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (20/2).

Rohana mengatakan selama menjalani perawatan, anak RP (4) telah mendapatkan pendampingan, baik dari Kepolisian, Dokter, maupun Dinsos. Berdasarkan observasi awal, Dinsos mengambil kesimpulan bahwa RP merupakan anak yang ceria, meski begitu ada trauma yang dalam pada diri RP.

“Waktu pertama kali dirawat, memang pendiam, karena masih syok. Tetapi sekarang sudah mulai baik, bahkan waktu petugas kita kesana minta diputarkan film Upin-Ipin,” terangnya.

Mengenai hak perwalian anak, pihaknya masih akan menyelidiki bagaimana hubungan antara anak dan orangtuanya. Sebab, hasil dadi penyelidikan tersebut akan menjadi pijakan bagi Dinsos untuk menggambil tindakan lanjutan.

“Bisa saja negara mencabut hak perwalian anak tersebut. Namun ada syarat yang harus dipenuhi. Kita selidiki dulu, bagaimana hubungan orangtua dan anak ini. Kalau dinilai orang tua tidak cakap atau mampu dalam mengurus anak, kita bisa ambil hak perwaliannya,” kata dia.

Mengenai berapa lama proses pendampingan anak dilakukan, Rohana tak mampu menjawab secara pasti. Dikatakan pendampingan akan dilakukan hingga RP dinyatakan sembuh secara mental dan fisik.

“Kalau misalnya sudah sembuh, tetapi ternyata keluarganya tidak layak mengasuh, kita bisa tempatkan dulu di Yayasan Pemeliharaan Anak dan Bayi (YPAB) di bawah naungan Dinsos. Bila memungkinkan diadopsi, bisa saja diadopsi,” tegas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge