0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kontrak Pengelolaan Plasa Klaten Berakhir Tahun Ini

Plt Kepala Disdagkop dan UMKM Klaten, Abdul Mursyid (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menangah (Disdagkop dan UMKM) Klaten bakal mendata pemilik kios yang menempati Plasa Klaten. Hal ini menyusul kabar sebagian pemilik kios memegang sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) hingga 2023 mendatang.

“Memang ada (HGB) yang tahun 2018, ada 2023. InsyaAllah nanti ditertibkan BPN (Badan Pertanahan Nasional),” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdagkop dan UMKM Klaten, Abdul Mursyid, Selasa (20/2).

Dikatakan, masa kontrak pengelolaan Plasa Klaten oleh pengembang PT Inti Griya Prima Sakti selama puluhan tahun akan berakhir pada April tahun ini. Di sisi lain, sebagian pemilik kios memiliki HGB sampai tahun 2023 sebelum muncul aturan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

“Saya lupa teknis Permendagri-nya. Tetapi setelah MoU itu muncul Permendagri yang baru kalau hanya diperbolehkan selama 25 tahun saja. Sedangkan berdasarkan kesepatan memang 30 tahun penggunaannya (Plasa Klaten),” kata Mursyid.

Mengingat sebagian pemilik kios memiliki HGB sampai tahun 2023, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan BPN. Nantinya sertifikat tersebut akan ditarik dan digantikan dengan sertifikat HGB hingga tahun 2018, sesuai Permendagri.

“Seharusnya sejak awal pengembang menarik sertifikat HGB yang sampai 2023 itu. Kalau dipaksakan tentu saja melanggar peraturan yang ada. Maka kami data dan meminta klarifikasi BPN. Karena yang berwenang mengeluarkan HGB itu BPN,” beber Mursyid.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge