0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

STIE AUB Surakarta akan Tambah Dua Skema LSP

Ketua STIE AUB Surakarta Agus Sutomo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Tahun ini, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Adi Unggul Bhirawa (AUB) Surakarta akan menambah dua skema lembaga sertifikasi profesi (LSP) untuk mahasiswanya. Sehingga total STIE AUB Surakarta memiliki empat skema LSP.

“Dua Skema LSP yakni Teknisi Akuntansi dan Skema Bisnis Kewirausahaan sudah terealisasi setahun lalu. Kami menarget akhir 2018 bertambah dua skema LSP untuk pialang pasar modal dan skema profesi perbankan,” kata Ketua STIE AUB Surakarta Agus Utomo kepada wartawan, di ruang kerjanya Kampus STIE AUB Surakarta, Bibis Cengklik, Solo, Selasa (20/2).

Adanya penambahan skema LSP tersebut, kata Agus, lulusan STIE AUB makin siap bersaing di pasar kerja baik regional maupun global. LSP merupakan sertifikat yang merupakan surat keterangan pendamping ijazah (SPI) yang dikeluarkan LSP AUB diakui secara nasional maupun regional sesuai dengan standar International Labour Organization (ILO). Sertifikasi profesi merupakan bukti tertulis terkait dengan keahlian atau kemampuan seseorang dalam menguasai keterampilan yang dibutuhkan industri, sehingga lulusan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan industri.

Agus mengatakan, untuk mendapatkan sertifikat profesi seorang harus mengikuti ujian kompetensi. Hingga saat ini LSP AUB telah memiliki 27 asesor yang keseluruhannya berasal dari perguruan tinggi AUB.

“Mereka telah memiliki sertifikat sebagai asesor dari BNSP. Bertambahnya dua skema LSP maka asesor sudah tentu akan bertambah,” jelasnya.

Menurutnya, Badan Nasional sertifikasi Profesi (BNSP) sudah lama selalu mendorong perguruan tinggi agar menghasilkan lulusan berkompeten dengan standarisasi nasional melalui uji kompetensi yang dilakukan LSP.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge