0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kabar Gembira, KPM Masih Dapat Jatah Rastra

Kepala Dinsos Wonogiri, Suwartono (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Ada kabar gembira bagi keluarga penerima manfaat (KPM) di Wonogiri. Pasalnya, bantuan sosial berupa beras sejahtera  Rastra) masih akan digulirkan. Meski begitu, pendistribusian Rastra hanya sampai bulan Maret saja. Sebab, bulan berikutnya program tersebut resmi dihapus.

“Bantuan sosial bagi warga miskin ada dua jenis yakni beras sejahtera (Rastra) dan bantuan pangan non tunai (BPNT), dimana Rastra sebelumnya berakhir hingga bulan Februari, berhubung ada kebijakan dari pemerintah pusat maka Rastra masih digulirkan tapi hanya untuk bulan Maret saja,” ujar Kepala Dinas Sosial Wonogiri, Suwartono, Senin (19/2).

Menurut dia, mekanisme pendistribusian Rastra masih tetap sama seperti bulan sebelumnya. Dimana KPM tidak perlu merogeh kocek sebagai pengganti biaya tebus. Akan tetapi ada yang beda soal pembagian jumlah beras yang diterima, jika Rastra dahulu dimana sifatnya subsidi sehingga ada biaya tebus, KPM menerima beras 20 kg. Namun karena ini sifatnya Bansos maka per KPM hanya mendapatkan jatah 15 Kg.

“Karena ini sifatnya Bansos maka gratis, tidak ada biaya sepeser pun,” kata Suwartono.

Dikatakan, sebelumnya pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang merujuk instruksi dari pemerintah pusat, yakni soal pengguliran bansos Rastra hanya sampai bulan Februari, dan selanjutnya program tersebut diganti dengan  program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Namun lantaran adanya sejumlah kendala, maka Rastra masih digulirkan hingga bulan Maret.

“BPNT itu rencanya akan digulirkan mulai bulan April mendatang. Soal jumlah KPM masih sama, yakni 74.740 KPM,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge