0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Uber Akan Jual Bisnisnya di Asia Tenggara Kepada Grab?

Taksi Uber (merdeka.com)

Timlo.net—Uber mungkin mempertimbangkan untuk keluar dari pasar Asia Tenggara. Perusahaan itu dipercaya mempertimbangkan untuk menjual bisnis mereka di Asia Tenggara kepada Grab.

CNBC mengutip dua sumber yang mengaku mengetahui masalah ini. Uber bersiap untuk menjual bisnis mereka di Asia Tenggara. Gantinya mereka ingin memperoleh saham Grab. Diberitakan jumlah saham yang diinginkan Uber cukuplah besar.

Pemberitaan itu menyatakan jika kesepakatan belum tercapai di antara keduanya.Tidak diketahui kapan kesepakatan di antara keduanya bisa dicapai. Jika Uber menjual bisnis mereka di wilayah itu, maka mereka mengulang apa yang mereka lakukan di Cina pada 2016.

Uber menjual divisi mereka di Cina kepada Didi, pesaing mereka di negara itu. Sebagai gantinya, Uber meminta 20 persen saham Didi. Uber juga menggabungkan layanan lokal mereka dengan layanan transportasi online Yandex di Rusia. Sebagai gantinya, Uber meminta 37 persen saham di perusahaan itu.

Grab, layanan transportasi online dari Singapura memiliki cabang di 100 kota di sepanjang Asia Tenggara. Layanan itu tersedia di Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina dan Indonesia. Pilihan transportasi yang disediakan Grab di antaranya sepeda motor, taksi, mobil pribadi dan carpooling. Dua sumber itu menyatakan langkah Uber ini diambil untuk memotong pengeluaran. Perusahan itu sedang mempersiapkan diri untuk IPO (Initial Public Offering) tahun depan. Uber sendiri belum berkomentar terkait pemberitaan ini. Grab juga memilih diam.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge