0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Nyumbang ke Paslon Bupati-Wabup Boleh, Ini Nominalnya

Karanganyar — KPU meminta pasangan calon bupati wakil bupati Karanganyar serta tim suksesnya membuka rekening khusus pengelolaan dana kampanye. Semua transaksi untuk keperluan pemenangan lewat rekening ini, termasuk menerima sumbangan simpatisan. Hanya saja, nominalnya dibatasi.

“Mengenai sumbangan simpatisan, disepakati nilainya maksimal Rp 75 juta dari perseorangan dan maksimal Rp 750 juta dari badan usaha. Sumbangan dalam bentuk uang maupun barang tersebut akan diaudit oleh akuntan publik. Sumbangan kaos misalnya, akan dikonversi,” kata Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho kepada wartawan, Minggu (18/2).

Komisioner KPU Bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat, Budi Sukramto mengatakan aturan dana kampanye tertuang di pasal 53 Peraturan KPU RI No. 5 Tahun 2017. Dijelaskannya, masa kampanye berlangsung mulai 15 Februari hingga 23 Juni. Salah satu regulasi yang harus diperhatikan, paslon dan tim kampanye tidak boleh memberikan cash money untuk pendukungnya.

“Misalnya,  jika menggelar rapat terbatas, untuk konsumsi ya harus diberikan dalam bentuk makanan dan minuman. Jika transportasi, ya diberikan dalam  bentuk sarana transport atau bahan bakar. Tidak  boleh memberikan dalam bentuk uang,” tuturnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge