0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dana Kampanye Calon Maksimal Rp 14,9 Miliar

Karanganyar — Dua pasangan calon bupati wakil bupati Karanganyar bersama KPU menyepakati penggunaan dana kampanye. Besaran untuk masing-masing pasangan dan timsesnya maksimal Rp 14,9 Miliar.

“Sudah disepakati antara KPU dengan dua paslon bahwa dana kampanye maksimal segitu. Penggunaannya akan diaudit oleh akuntan publik saat berakhir masa kampanye,” kata Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho kepada wartawan, Minggu (18/2).

Ia mengatakan aturan dana kampanye tertuang di pasal 53 Peraturan KPU RI No 5 Tahun 2017. Dijelaskannya, masa kampanye berlangsung mulai 15 Februari hingga 23 Juni. Salah satu regulasi yang harus diperhatikan, paslon dan tim kampanye tidak boleh memberikan cash money untuk pendukungnya. Dana kampanye dipersilakan penggunaannya untuk kampanye terbuka dilakukan masing-masing pasangan. Namun tidak dibatasi untuk pertemuan terbatas, kegiatan massal seperti lomba antarkelompok warga dan sebagainya yang disponsori pasangan tersebut. Termasuk pengadaan APK dan aneka rapat. Jika jumlah dana kampanye yang dihimpun melebihi batasan, kelebihannya juga harus diserahkan ke kas negara.

Sri Handoko mengatakan penggunaan dana melebihi kesepakatan itu bisa membatalkan status pasangan calon bupati wakil bupati.

“Berimplikasi pada pembatalan calon jika melanggar kesepakatan ini,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge