0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kirab Boyong Kedhaton Curi Perhatian Warga di CFD

Penyelenggaraan Kirab Boyong Kedhaton di Jalan Slamet Riyadi, Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kirab Boyong Kedhaton yang menandai hari jadi Kota Solo ke 273 digelar di Kawasan Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (18/2) pagi. Nampak, antusiasme penonton yang telah menunggu sejak pagi langsung menyemut menyaksikan sejumlah pertunjukan unik yang tersaji di kirab tersebut.

Kirab Boyong Kedhaton Kota Solo yang diselenggarakan kental dengan sejarah dan asal-usul kota yang kini ditinggali sekitar 500.000 jiwa ini. Diawali dengan barisan Pasukan Paskibraka dan disusul oleh Prajurit Keraton Solo langsung mencuri perhatian pengunjung CFD. Lalu, diausul barisan dari Wayang Orang Sriwedari, Kelompok Tari Soerya Soemirat Mangkunegaran, Komunitas Sepeda Onthel, Drumband Gita Pamong Praja dan komunitaa lainnya.

Tak sampai disitu, atraksi liong-barongsai dari Dalmas Sabhara Polresta Solo juga langsung mencuri perhatian masyarakat. Diiringi tabuhan dan musik khas Tionghoa, liak-liuk liong dan barongsai yang dimainkan oleh anggota Polresta Solo tersebut tampak selaras dan kompak. Tak sedikit, warga yang membawa handphone langsung mengabadikan momentum tersebut.

Dibarisan akhir, nampak Komunitas dari Hare Khrisna yang menyajikan pluraliame keyakinan di Indonesia.

Sementara, salah seorang warga Solo, Didik Muathafa (25) mengaku menikmati penyelenggaraan kirab Boyong Kedhaton yang menceritakan terkait perpindahan Keraton Kartasura ke Keraton Solo.

“Solo sebagai kiblat budaya Jawa jangan sampai luntur. Kalau bisa, makin digiatkan lagi untuk kegiatan budaya seperti ini,” kata warga Penumping, Laweyan ini.

Senada, Dwi Sulistyawati (22) mengaku jika penyelenggaraan Kirab Boyong Kedhaton yang diadakan sarat akan nilai edukasi terhadap masyarakat.

“Bagus juga, dikemas seperti ini. Selain untuk hiburan masyarakat juga memberi pengetahuan pada kita terkait asal-usul Kota Solo,” katanya.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge