0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Investor Dalam Negeri Mendominasi Pasar Saham

Sosialisasi pasar saham kepada mahasiswa IAIN Surakarta   (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Jumlah investor dalam negeri yang melakukan investasi di pasar modal terus merangkak naik sejak dua tahun terakhir. Berdasarkan data yang tercatat di Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI), generasi muda usia 18-25 tahun paling mendominasi dalam penambahan rekening saham tersebut.

“Capaian ini tentu sangat positif untuk memperkokoh fundamental pasar modal Indonesia ke depan,” ujar Kepala Kantor BEI Solo M Wira Adibrata kepada wartawan, Sabtu (17/2).

Wira menyebut, jika sebelum 2016 investor asing masih mendominasi dengan prosentase di kisaran 60 persen dan domestik 40 persen, kondisi ini sudah dianggap terbalik. Dimana investor dalam negeri sudah menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Untuk itu, BEI KP Solo disampaikannya akan terus melakukan sosialisasi dan menggelar pembukaan rekening massal di Solo raya, baik dari kalangan mahasiswa maupun masyarakat umum.

Sementara itu,  Kepala Jurusan Manajemen Bisnis Syariah FEBI IAIN Surakarta, Datien Eriska Utami menyampaikan, belum lama ini ratusan mahasiswanya telah membuka rekening saham secara serentak yang difasilitasi oleh BEI Solo dan Dana Reksa Sekuritas.

Kegiatan pembukaan rekening serentak itu selain mengajarkan mahasiswa berinvestasi, juga sebagai upaya mengenalkan secara riil kepada mahasiswa bagaimana mekanisme transaksi di pasar modal

“Secara teori mahasiswa sudah mendapatkannya di kelas. Kita harapkan, mahasiswa juga bisa langsung praktek sehingga benar benar ilmu yang diberikan dapat terserap dan bermanfaat,” tandasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge