0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

20 Calon Jamaah Umroh Abu Tours Solo Ngadu ke Polisi

Kantor Abu Tours di Jl Adi Sucipto No 113 B Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Solo nampak tertutup rapat (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Satreskrim Polresta Solo telah menerima sebanyak 20 aduan terkait batalnya pemberangkatan calon jamaah umroh dari biro perjalanan Abu Tours Cabang Kota Solo. Pihak Kepolisian juga telah melakukan mediasi terhadap calon jamaah serta pihak manajemen dari Kantor Abu Tours yang beralamat di Jalan Adi Sucipto No.113 B Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Solo tersebut.

“Kami telah melakukan mediasi antara pihak pengadu (calon jamaah umroh) dengan manajemen Abu Tours akhir Januari kemarin,” terang Kepala Unit (Kanit) IV Penyidik Satreskrim Polresta Solo, Iptu Sudarmiyanto, Rabu (14/2) siang.

Dari hasil mediasi yang dilakukan, kata Kanit, pihak manajemen Abu Tours menyanggupi untuk memberangkatkan calon jamaah umroh yang direncanakan berangkat pada Bulan Januari lalu di Bulan Februari ini. Akan tetapi, kenyataannya justru kantor cabang Abu Tours hingga saat ini tidak ada aktifitas dari karyawan.

“Hasilnya, pihak manajemen tidak menepati janji dari mediasi yang dilakukan dengan para pengadu,” jelasnya.

Disinggung aduan yang dilakukan oleh para calon jamaah umroh, Kanit mengaku ada sekitar 20 calon jamaah umroh. Puluhan calon jamaah tersebut, diwakili oleh seorang koordinator yang membawahi calon jamaah umroh tersebut.

Terkait langkah kedepan, lanjut Kanit, pihaknya menunggu laporan resmi dari para calon jamaah yang mengaku menjadi korban penipuan biro perjalanan haji dan umroh Abu Tours cabang Kota Solo.

“Saat ini kami menunggu laporan dari para korban. Jika laporan resmi telah dibuat, maka kami baru dapat bertindak. Kalau sejauh ini masih sebatas laporan dari pihak calon jamaah yang telah mendaftar di Abu Tours,” jelasnya.

Seperti diketahui, kantor cabang Abu Tours yang beralamat di Jalan Adi Sucipto No.113 B Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Solo tutup sejak sepekan terakhir. Dari hasil penelusuran yang dilakukan Timlo.net, ada sejumlah calon jamaah umroh yang kerapkali masih mendatangi kantor tersebut dan menanyakan kapan kantor tersebut buka.

“Sering ada yang menanyakan, kapan kantor ini (Abu Tours) buka. Katanya, mereka telah mendaftar umroh akan tetapi belum berangkat seperti jadwal yang dijanjikan,” terang salah seorang juru parkir di samping kantor cabang Abu Tours, Dwi Harianto, Selasa (13/2) kemarin.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge