0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Banjir dan Tanah Longsor Rusak Sarana Infrastruktur

Bencana alam banjir dan tanah longsor di Kecamatan Manyaran (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Banjir dan tanah longsor melanda Kecamatan Manyaran, mengabikatkan rusaknya sarana infrastruktur dan sejumlah rumah warga terendam air bah, Senin (12/2). Meski tidak memakan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

“Untuk kondisi saat ini sudah normal, banjir sudah surut dan evakuasi dampak bencana alam sudah dilakukan,” ungkap Kepala Pelaksana Harian BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Selasa (13/2).

Dari informasi yang berhasil dihimpun Timlo.net, bencana banjir dan tanah longsor terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Sebelumnya wilayah tersebut diguyur hujan selama dua jam lebih, menyebabkan sungai yang mengalir di Dusun Benowo Desa Karanglor meluap dan menyebabkan rumah Suhardi (50) yang dihuni empat jiwa dan rumah milik Katmorejo (70) dihuni dua jiwa terendam air bah setinggi 25 sentimeter. Air bah itu surut sekitar pukul 18.00 WIB.

Meluapnya air sungai juga menyebabkan tanah ditepian sungai itu longsor sehingga mengakibatkan rumah milik Samuji (40) warga Dusun tunggul RT 4/RW 14 Desa Gunungan terancam longsor mengingat jarak bibir sungai dengan bangunan rumah hanya berjarak dua meter.

Kemudian, kata Bambang Haryanto, banjir juga mengakibatkan kerusakan pada keretakan sayap jembatan Salakan ruas jalan Dusun Salakan dan Desa Gunungan. Dimana badan jalan mengalami amblas membentuk lubang diameter sekitar 2,3 meter. Tanah longsor mengakibatkan bahu jalan Dusun Belangan RT 4/RW 10 Desa Gunungan longsor dengan panjang lima meter dan tinggi enam meter.

Kondisi itu mengancam dua rumah warga sedangkan longsor bahu jalan di Dusun Dedean RT1/RW 9 Desa Gunungan dengan panjang enam meter tinggi lima meter mengancam satu rumah warga. Kondisi sekarang hanya dapat dilalui kendaraan roda dua. Kerugian ditaksir sekitar Rp 35 Juta.

Upaya penanganan hari ini telah dilakukan pembersihan untuk lokasi yang terdampak banjir sedangkan untuk rumah yang terancam longsor dilakukan penanganan pemasangan karung pasir.

”Logistik untuk korban terdampak maupun kegiatan pemulihan sudah didistribusikan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge