0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

TNI-Polri Gelar Apel Netralitas, Tak Akan Beri Fasilitas untuk Calon Tertentu

Apel Akbar TNI-Polri sekaligus Deklarasi Netralitas Pilgub Jateng Damai (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Polres Sragen bersama Kodim 0725/Sragen menggelar Apel Akbar TNI-Polri sekaligus Deklarasi Netralitas Pilgub Jateng Damai. Apel ini sebagai bentuk keseriusan dari kedua institusi bersenjata tersebut untuk netral dalam Pilgub Jateng Mendatang.

“Ikrar deklarasi netralitas ini merupakan bentuk dan wujud komitmen kita semua, seluruh jajaran TNI-Polri yang ada di Kabupaten Sragen dalam rangka menyongsong dan mengamankan tahapan Pilgub Jateng,“ kata Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman, Selasa (13/2).

Dalam apel yang digelar di Alun-alun Sasono Langen Putro Sragen tersebut Kapolres menyampaikan, dalam ikrar yang diucapkan, tidak hanya secara lisan tapi juga  harus diaplikasikan dan dilaksanakan. Baik sebagai petugas pengamanan Pilgub ataupun sebagai warga yang hidup di tengah masyarakat.

Menurutnya, pesta demokrasi ini sendiri merupakan wujud dari amanah konstitusi, sebagai bagian dari aparatur negara yang bertanggung jawab terhadap pemeliharaan keamanan dan ketertiban serta pertahanan.

Pihaknya bersama TNI punya tanggung jawab untuk mengamankan seluruh rangkaian tahapan dari awal sampai nanti saat pelantikan gubernur dan wakil gubernur hasil Pilgub Jateng 2018.

“Dalam perkembangannya, tentu saja hal ini membutuhkan sikap netralitas kita untuk melaksanakan pengamanan secara adil tidak pandang bulu dan tidak pilih kasih,” terangnya.

Sementara dalam apel sendiri diikuti oleh Dandim 0725/Sragen Letkol Arh Camas Sigit Prasetyo yang juga membacakan ikrar netralitas, Danyonif 408/Suhbrasta Sragen Mayor Inf Jony Eko Prasetyo dan Komandan CPM Sragen Kapten Sigit.

Ikrar netralitas sendiri antara lain berisi soal sikap netral dalam Pilgub, tidak menggunakan wewenang untuk memberikan dukungan politik, tidak memberikan fasilitas dan tidak memasang atribut atau foto pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge