0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kanwil DJP Jateng II Targetkan Tingkat Kepatuhan Pajak 75 %

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Rida Handanu (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Kantor wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II menargetkan tingkat kepatuhan pajak pada periode 2018 sebesar 75 persen. Target tersebut meningkat dari periode sebelumnya yang hanya sebesar 73 persen.

“Tahun lalu dari target 73 persen, realisasinya mencapai 85 persen. Melihat capaian itu, kita optimis untuk tahun ini kita dapat melampaui targaet yang ditetapkan,” ujar Kepala Kanwil DJP Jateng II, Rida Handanu kepada wartawan, Selasa (13/2).

Dengan menargetkn tingkat  kepatuhan itu, ia berharap dapat melakukan penerimaan pajak sebesar Rp 12,5 Triliun. Untuk mendongkrak penerimaan dan kepatuhan pajak yang dilakukan, pihaknya mengaku sudah menyiapkan sejumlah upaya untuk melakukan jemput bola dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita akan membuka stand pelayanan disejumlah tempat keramaian. Termasuk jemput bola ke instansi atau perusahaan yang memiliki jumlah karyawan banyak. Dengan demikian proses pelaporan SPT tahunan yang dilakukan WP menjadi lebih mudah,” jelasnya.

Dari evaluasi yang dilakukan selama setahun terakhir, Rida menyampaikan trend tingkat kepatuhan wajib pajak di wilayahnya terus meningkat. Hanya saja dari tiga jenis WP yang menjadi sasarannya, WP orang pribadi (OP) non karyawan yang dianggap masih rendah. Karena dari total 105.849 WP, baru sekitar 62.104 WP yang tertib melakukan pelaporan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge