0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Akhir 2017, Penjualan Smartphone Nokia Kalahkan Yang Lain

Nokia 3310 3G. (gsmarena.com)

Timlo.net—Walaupun pensiun dalam waktu yang cukup lama dari industri smartphone, brand Nokia rupanya masih punya kekuatan. Hal ini terungkap dari serangkaian tweet yang ditulis analis Neil Shah dari Counterpoint. Pada kuartal keempat 2017, HMD Global berhasil menjual 4,4 juta unit smartphone Nokia.

Secara keseluruhan, angka itu tidaklah begitu besar dibandingkan total penjualan smartphone pada tahun itu. HMD Global hanya menguasai pangsa pasar sebesar 1%. Hal ini membuat brand Nokia berada di peringkat ke-11, tulis Ubergizmo.

Tapi bila dibandingkan jumlah smartphone yang terjual pada kuartal keempat 2017, angka itu cukup signifikan. Bahkan penjualan smartphone Nokia mengalahkan penjualan HTC, Sony dan Google.

Selain mengalahkan para pemain besar, Neil melaporkan jika brand Nokia mengalami kebangkitan di beberapa pasar. Di antaranya adalah pasar Vietnam dan sebagian besar pasar Timur Tengah di mana Nokia menjadi nomer satu. Di the UK, Nokia menduduki posisi ketiga. Sementara di Rusia, brand Nokia berhasil masuk lima besar.

Kebangkitan brand ini diperkirakan dipengaruhi jenis ponsel yang di jual HMD. Selain menjual ponsel pintar, HMD juga menjual ponsel Nokia biasa. Mereka merilis  ponsel jadul (jaman dulu) seperti Nokia 3310 dengan desain dan fitur baru.  Ponsel biasa itu diperkirakan menjadi daya tarik tersendiri terutama di pasar-pasar berkembang. Perusahaan Finlandia itu sendiri berjanji akan mengumumkan sesuatu yang luar biasa pada ajang MWC 2018 yang digelar akhir Februari ini.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge