0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Digelontor Rp 400 Juta, Tim Saber Pungli Fokuskan Pencegahan

Satgas Saber Pungli Klaten, Kompol Hari Sutanto (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Tim Saber Pungli Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng mengungkap 31 kasus pungutan liar dengan barang bukti uang tunai sekitar Rp 2,5 miliar sepanjang tahun 2017. Dari jumlah itu, Tim Saber Pungli Klaten menyumbangkan satu kasus.

“Klaten yang diungkap itu OTT (operasi tangkap tangan) pungli Camat Manisrenggo soal pengurusan Prona. Sekarang masih P19 (tahap pengembalian berkas perkara untuk dilengkapi —Red),” ujar Ketua Satgas Saber Pungli Klaten, Kompol Hari Sutanto, Senin (12/2).

Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Klaten dibentuk akhir 2016 lalu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 300/316 Tahun 2016. Anggotanya berasal dari lintas institusi antara lain, Inspektorat Klaten, Polres Klaten, Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten, Pengadilan Negeri (PN) Klaten, dan Kodim 0723/Klaten.

Ketua Satgas Saber sekaligus Wakil Kepala Polres ini menerangkan, setiap laporan dugaan pungli dari masyarakat akan terlebih dahulu diklarifikasi untuk mengetahui benar atau tidaknya informasi. Namun jika ada unsur pidananya akan langsung diproses oleh Reskrim Polres Klaten. Sedangkan untuk menunjang kinerja Satgas Saber Pungli, Pemkab Klaten menggelontorkan dana sekitar Rp 400 juta melalui APBD 2018.

“Dipilah-pilah, ini ranahnya Inspektorat atau Polres. Kalau Rp 40 juta lebih ya kita proses. Masak Pungli parkir Rp 5.000 kita tangani (Polres). Maka untuk pencegahannya dilakukan oleh Pemkab. (Penganggaran?) Informasinya tahun ini Rp 400 juta, termasuk untuk sosialisasi yang preventif,” terang Kompol Hari.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge