0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jelang Imlek, Harga Berbagai Komoditas Merangkak Naik

Pedagang bawang di Pasar Legi, Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Jelang perayaan Imlek, sejumlah komoditas kebutuhan pokok di Pasar Legi Solo mulai terus merangkak naik. Salah komoditas yang mengalami lonjakan paling tinggi itu adalah bawang putih, dimana kenaikannya terpantau hingga mencapai Rp 14 ribu per kilogram.

“Kalau bawang putih ini bukan naik lagi, tapi sudah berganti harga. Karena dari sebelumnya hanya Rp 20 ribu per kilogram sekarang berubah menjadi Rp 34 ribu per kilogram,” ujar Salah seorang pedagang bawang di Pasar Legi Solo, Sri Rahayu kepada wartawan, Senin (12/2).

Tingginya kenaikan harga itu, menurutnya karena pasokan dari Negara pengimpor bawang yaitu China berkurang drastis. Pasalnya, komoditas tersebut saat ini diprioritaskan untuk mencukupi kebutuhan penduduknya sendiri seiring mendekatinya perayaan Imlek.

“Setiap periode Imlek pasti bawang putih akan terjadi kelangkaan barang. Karena permintaan di Negara asalnya juga meningkat,” jelasnya.

Kondisi yang sama juga dikatakan pedagag lainnya. Endang Partiem mengaku kenaikan harga bawang itu sudah terjadi secara bertahap sejak dua minggu terakhir. Bahkan diprediksi masih akan mengalami kenaikan harga seiring mendekati perayaan Imlek nanti.

“Karena naiknya harga itu para pelanggan kami banyak yang mengeluh. Termasuk mengurangi pembelian barang karena tidak mampu menjangkau harga jual di pasaran,” jelasnya.

Dari pantauan Timlo.net di lapangan, selain komoditas bawang putih kenaikan harga juga terjadi untuk komoditas bawang merah, yaitu dari sebelumnya Rp 13 ribu per kilogram menjadi Rp 20 ribu per kilogram, cabai rawit merah dari sebelumnya Rp 35 ribu per kilogram menjadi Rp 40 ribu per kilogram, cabai rawit hijau dari sebelumnya Rp 17 ribu per kilogram menjadi Rp 20 ribu per kilogram. Seementara untuk harga daging ayam ras masih stabil tinggi diangka Rp 33 ribu per kilogram.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge