0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pilgub Jateng

Komitmen Jaga Netralitas, Sentra Gakkumdu Resmi Terbentuk

Sentra Penegakan Hukum terpadu (Gakkumdu) Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Sentra Penegakan Hukum terpadu (Gakkumdu) resmi terbentuk dengan ditandai penandatangan Memorandum of Undersatainding (MoU) antara Bawaslu Kabupaten, Kejaksaan Negeri dan Polres Sukoharjo. Gakkumdu ini bertugas hingga sembilan bulan kie depan dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah.

“Pembentukkan Gakkumdu dimaksud untuk menyamakan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana pemilihan dari tiga unsur, Panwaskab, Kejari dan Polres Sukoharjo. Dengan adanya kerjasama ini, semoga koordinasi antar instansi akan lebih baik dan sepemahaman dalam mengawasi jalannya pemilu,” kata Kordinator Gakkumdu Sukoharjo, Eko Budiyanto, Senin (12/2).

Ke depan, tugas dari Gakkumdu melakukan koordinasi dalam proses penanganan tindak pidana pemilu. Melakukan evaluasi terhadap sentra penegakkan hukum terpadu tingkat kabupaten, dan  Yang terakhir menyampaikan laporan pelaksanaan penanganan tindak pidana pemilihan dan pemilu kepada Gakkumdu tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Diharapkan seluruh elemen yang ada di dalam Sentra Gakkumdu harus benar-benar menjaga netralitas dalam Pilgub. Dari tiga unsur lembaga tersebut, mempunyai tugas masing-masing yang akan disinkronkan dan dikumpulkan untuk menjadi bahan laporan atau kalau terbukti memeunhi unsur pelangraan bisa dilakukan penanganan oleh instansi terkait.

Sentra Gakkumdu harus benar-benar netral dalam Pilgub mendatang untuk menjaga kehormatan dan pelaksanaan penegakan hukum. Dan jika nantinya ditemukan pelanggaran yang memenuhi unsur, akan ditindaklanjuti dan dilakukan penyidikan,” tandas ketua Kejaksaan Negeri Sukoharjo, Bambang Marwoto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge