0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

PMI Latih Pelajar dalam Penanggulangan Bencana

PMI Cabang Boyolali melakukan pelatihan penanggulangan bencna untuk kalangan pelajar dan mahasiswa (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Palang Merah Indonesia Cabang Boyolali menggelar pelatihan bagi pelajar dan mahasiswa dalam penanggulangan resiko bencana. Kegiatan ini bekerjasama dengan Palang Merah Ameria Serikat.

“Pelatihan ini sudah dimulai sejak tahun 2017, saat ini sudah dalam tahap penyelenggaraan pelatihan yang dinamakan Ayo Siaga Bencana ASB-Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Masyarakat ASB-Pertama,” kata Humas PMI Cabang Boyolali, M Aziz Nugroho, Senin (12/2).

Dijelaskan, dalam kesiapan penanggulangan bencana,pelatihan ini untuk memberikan pembekalan yang cukup bagi anggota Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah dan Korps Sukarelawan Remaja (KSR) di kampus dalam mengurangi resiko bencana. Pelatihan sendiri dilakukan di sejumlah sekolah dan KSR di kampus.

“Paling tidak, para siswa punya kemampuan menanggani bencana bila terjadi di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Materi pelatihan meliputi presentasi, praktek dan simulasi. Sementara dalam simulasi, ketika terjadi Gunung Merapi meletus. Dalam simulasi tersebut, pihak sekolah bersama PMR membimbing siswa untuk menyusuri jalur evakuasi di sekolah. Selanjutnya, mereka menuju ke titik kumpul.

“Boyolali ini kan salah satu daerah rawan bencana, seperti letusan Merapi dan tanah longsor, sangat penting dilakukan pelatihan penanggulangan bencana,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge