0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mobil Tesla di Ruang Angkasa Bisa Dilihat Dari Teleskop Bumi

Starman dan mobil Tesla Roadster. (youtube.com)

Timlo.net—Mobil Tesla Roadster sudah berada di ruang angkasa kurang dari seminggu ini. Mobil itu diluncurkan ke ruang angkasa dengan roket Falcon Heavy milik SpaceX. Dalam mobil itu terdapat boneka sopir yang disebut “Starman”. Mobil itu diharapkan bisa mencapai Mars.

Peluncuran monumental itu dilakukan Selasa minggu lalu. Rekaman yang diambil dari mobil itu sendiri ditayangkan di YouTube. Video itu menunjukkan Bumi sebagai latar belakang mobil Roadster itu. Tentunya rekaman video itu membuat para penganut teori bumi datar merasa marah. Para penganut teori ini bahkan beranggapan jika video itu palsu. Lantas jika mobil itu benar berada di ruang angkasa, apakah terlihat dari teleskop yang ada di Bumi?

Foto mobil Tesla dari teleskop Bumi (indy100.com)

Para ahli astronomi dari the Virtual Telescope Project di Italia berhasil menangkap foto-foto mobil merah ceri itu di dalam sistem tata surya. Foto-foto itu diambil menggunakan unit robotik di Tenagra Observatories di Arizona, Amerika Serikat pada 8 Februari.

Foto mobil Tesla dari teleskop Bumi (indy100.com)

Foto-foto itu tidak memperlihatkan titik merah melayang di langit malam. Tapi titik cahaya yang bergerak cepat menyerupai sebuah bintang. Walaupun wujudnya tidak terlalu jelas, para ahli mengaku jika mengenali mobil itu cukup mudah dilakukan.

“Kami segera mengenali the Tesla Roadster, cukup terang, sekitar mag.15.5 dan bergerak foto demi foto di sekitar bintang-bintang. Pada waktu pengamatan kami, mobil itu berada pada jarak sekitar 470 ribu km dari kami,” tulis Gianluca Masi dalam sebuah blog.

“Kami berhasil mengambil belasan foto dan kami menggunakan beberapa di antaranya untuk menunjukkan jejak obyek itu pada bintang-bintang,” tambahnya. Selain itu tim di the Deimos Sky Survey juga berhasil melihat mobil itu lewat dengan peralatan mereka.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge