0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Talud Ambrol, Jalur Antar Kecamatan Nyaris Putus

Bencana alam tanah longsor di Kecamatan Bulukerto (dok.timlo.net/ist)

Wonogiri — Jalan penghubung antara Kecamatan Bulukerto- Slogohimo nyaris terputus. Hal ini terjadi lantaran hampir sepertiga badan jalan alternatif tersebut ambrol, setelah talud jembatan yang ada di dekatnya runtuh, Senin (12/2). Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Badan jalan itu sendiri memiliki lebar lima meter, dan sepertiganya ambrol. Saat ini, di lokasi akan dipasang rambu peringatan agar pengguna jalan berhati hati. Sebab, jika curah hujan masih tinggi dikhawatirkan akan timbul longsor susulan,” papar Kepala Pelaksana Harian BPBD Wonogiri Bambang Hariyanto lewat siaran pers.

Ambrolnya talud dan badan jalan pada jalan milik Pemkab tersebut diketahui sekitar pukul 05.00 WIB. Sebelumnya, wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas sedang sejak Minggu (11/2). Warga pun diimbau ketika melintas jalan tersebut untuk lebih berhati- hati.

“Ruas jalan Bulukerto – Slogohimo yang terdampak itu, tepatnya sekitar 60 meter dari Mapolsek Bulukerto. Dengan volumeĀ  panjang sekitar 10 meter tinggi sekitar 8 meter, sedangkan badan jalan yang ikut longsor mencapai sepertiga dari lebar jalan lima meter,” kata dia.

Bambang Haryanto menambahkan, peristiwa itu sudah dikoordinasikan dengan dinas terkait dalam hal ini DPU Wonogiri. Rencananya hari ini tim akan melakukan survei lapangan.

“Total kerugian sekitar Rp 250 juta-Rp 300 juta,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge