0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ujian Praktek Keagamaan, Ratusan Siswa Manasik Haji

Siswa SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo tengah mengikuti latihan  manasik haji (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 227 siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo melakukan manasik haji di Masjid Agung Solo. Kegiatan manasik itu merupakan rangkaian ujian praktek keagamaan kelas IX.

“Kegiatan yang bertujuan memberikan pengenalan tetang haji yang dirangkai dalam ujian praktek keagamaan kelas IX,” jelas Humas SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo, Hermawan kepada wartawan, di sela-sela acara, Solo, Senin (12/2).

Menurut Hermawan, kegiatan dimulai dari halaman sekolah SMP Muhammadiyah 1 Simpon, Solo yang sebagai maktab di Mekah. Kemudian berjalan menuju Mina dan Arofah yang berada di Masjid Agung Solo.

Ditambahkan, kegiatan manasik haji merupakan pengenalan terhadap ibadah haji. Dalam kegiatan ini siswa diberi pengetahuan yang terkait dengan ibadah haji beserta maknanya, sekaligus memberi penerangan juga bahwa haji membutuhkan fisik yang luar biasa.

Seluruh siswa tampak antusias dan melaksanakan semua prosesi haji, baik Wuduf Arofah, lempar jamarat di Mina,  thowaf di Ka’ba dan sa’i. “Kegiatan itu juga merupakan kegiatan ujian praktek keagamaan akhir sekolah yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge