0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Walikota Solo: Grebeg Sudiro untuk Merajut Kebhinekaan

Grebeg Sudiro di kawasan Pasar Gede Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Pawai Grebeg Sudiro berlangsung meriah. Sebanyak sembilan miniatur ikon Kota Bengawan seperti Lodji Gandrung, Pagoda Mojosongo, Monumen Empat Lima dan Jam Pasar Gede diarak dalam bentuk Jodang. Tak ketinggalan gunungan Kue Keranjang, Lampion berbetuk Teko, dan penampilan Liong Barongsai yang menjadi ciri khas Grebeg Sudiro juga turut serta diarak, Minggu (11/2).

Lokasi puncak perayaan Grebeg Sudirao masih sama dari tahun ke tahun. Yakni di perempatan Pasar Gede yabg disaksikan langsung oleh ribuan pasang mata pengunjung.

Gunungan tersebut diatak mengelilingi kawasan kelurahan Sudiroprajan dimulai star dari depan Pasar Gede-Jl Jenderal Sudirman-Jl Mayor Kusmanto-pertigaan Lojiwetan-Jl Kapten Mulyadi-perempatan Ketandan-Jl RE Martadinata-Jl Cut Nyak Dien-Jl Juanda-perempatan Warung Pelem-Jl Urip Sumoharjo-Pasar Gede.

Dalam sambutannya, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, Grebeg Sudiro adalah upaya dalam merajut kebhinekaan Indonesia. Dirinya mengatakan upaya ini tidak mudah untuk dilakukan, meski begitu harus tetap diupayakan guna persatuan Indonesia.

“Kemajemukan Indonesia ini merupakan kekuatan kita, karenanya harus kita pelihara, supaya dapat bertahan sepanjang masa,” ujar Walikota Hadi Rudyatmo.

Sementara, Lurah Sudiroprajan, Dalima, mengatakan grebeg merupakan tradisi Jawa dalam memperingati hari-hari besar. Grebeg Sudiro sendiri merupakan peringatan menyambut pergantian tahun imlek yang merupakan akulturasi antara budaya Jawa dan budaya Tionghoa.

“Tanpa mengesampingjan etnis yang lain, ada dua kekuatan menonjol dari kelurahan kampung kami, yakni etnis Tionghoa Dan etnis Jawa, mereka ini berkumpul, bersatu dan menghasilkan perpaduan budaya ini. Dengan acara ini kita berharap bisa menjadi miniatur Indonesia dengan berbagai kemajemukan, namun bisa bersatu,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge