0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dosen UNY Pujiriyanto Raih Doktor UNS dengan Nilai 3,81

Dosen Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Pujiriyanto MPd ujian doktor (ist)

Solo – Dosen Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogjakarta (UNY) Pujiriyanto, MPd berhasil meraih gelar ujian terbuka Doktor UNS ke 330 dan Prodi Ilmu Pendidikan ke 21 dengan nilai sangat memuaskan 3,81. Pelaksanaan ujian Doktor berlangsung di Ruang Sidang Gedung Pascasarjana UNS, Solo, Kamis (8/2).

“Indonesia membutuhkan SDM kreatif di era ekonomi gelombang ke empat yang bertumpu kreativitas, warisan budaya, dan lingkungan,” ungkap Pujiriyanto saat mempertahankan disertasinya yang berjudul Desain Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek (KWU-PBP) untuk Meningkatkan Kreativitas Wirausaha.

Di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Dr Furqon Hidayatullah, Pujiriyanto mengatakan, Pembelajaran kewirausahaan masih menghadapi tantangan pedagogis. Kreativitas telah menjadi orientasi namun desain pembelajaran belum koheren. Kewirausahaan terenduksi dalam lingkup business enterpreneurs, meskipun pembelajaran kewirausahaan di perguruan tinggi sudah mengalami pergeseran paradigma. Lambatnya evolusi pedagogis diduga sangat terkait dengan kesiapan SDM dosen, dilema pendekatan dalam mentransformasi nilai kewirausahaan, dilema kreativitas yang sulit diajarkan dan diukur dampaknya.

Langkah langkah sistematis pengembangan desain pembelajaran KWU-PBP, menurut Pujiriyanto, meliputi Analisis kebutuhan dan situasi, Identifikasi topik/tema sebagai kompetensi utama (KU), Analisis Pembelajaran, Analisis Karakteristik mahasiswa dan konteks, Mengembangkan alat ukur proses dan hasil (KU dan KA), Mengembangkan materi dalam bentuk modul, Merancang dan mengembangkan evaluasi formatif, Revisi program, dan Merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Langkah langkah sistematis ini mengedapankan context driven.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge