0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Meski Lahan Berkurang, Sragen Komitmen Jaga Ketahanan Pangan

Panen Raya Sinergi bersama Danrem 074/Wrt, di Dukuh Lemahabang, Desa Karangananyar, Kecamatan Sambungmacan, Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyatakan, Sragen tetap berkomitmen dalam ketahanan pangan meskipun lahan pertanian berkurang. Berkurangnya lahan tersebut salah satunya disebabkan proyek pembangunan Jalan Tol Solo-Kertosono (Soker) yang melintas di beberapa kecamatan di Sragen.

“Dengan luas lahan kami yang berkurang banyak akibat adanya proyek jalan tol, tidak mengurangi kontribusi kami terhadap kedaulatan pangan,” kata Bupati Yuni

Hal tersebut dikatakannya dalam acara Panen Raya Sinergi Mendukung Ketahanan Pangan di Wilayah Solo Raya bersama Danrem 074/Wrt, di Dukuh Lemahabang, Desa Karangananyar, Kecamatan Sambungmacan, Rabu (7/2).

Namun demikian menurut Yuni, kendati lahan berkurang Pemkab Sragen tetap berupaya memenuhi target serap gabah petani. Sragen tetap berkomitmen untuk menyediakan lahan sehingga tetap menjadi penyangga pangan di Jawa Tengah.

Kasilog Korem 074/Wrt, Letkol Inf Murdjoko mewakili Danrem 074/Wrt, menyampaikan, petani merupakan pejuang ketahanan pangan yang telah bersungguh-sungguh menanam padi, sehingga hasilnya bisa dipanen dengan baik.  Keberhasilan panen padi ini juga tidak terlepas dari peran aktif para Babinsa Koramil 09 Sambungmacan, yang terus mendampingi petani dan penyuluh agar hasil yang dicapai dapat maksimal.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sragen, Jazairi dalam laporannya mengatakan, lahan sawah yang ditanami padi seluas 39 ribu hektar, dapat memproduksi sekitar 517 ribu ton. Sehingga surplus sebanyak 390 ribu ton pertahun dan untuk tahun ini sekitar 296 ribu ton.

“Oleh karena itu kita adalah penyangga pangan kedua di Jawa Tengah, dan yang terpenting stabilitas nasioanl dan ketahanan pangan harus kita jaga betul,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge