0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kentang Goreng Restoran Cepat Saji Bisa Obati Kebotakan?

French fries. (rd.com )

Timlo.net—Selama bertahun-tahun manusia mencari obat untuk kebotakan. Sekarang para ilmuwan menemukan jawabannya. Obat itu adalah kentang goreng McDonald’s.

Para peneliti menemukan jika zat kimia yang digunakan untuk menggoreng french fries McDonald’s bisa menolong pertumbuhan rambut, tulis news.com.au. Tim peneliti dari Yokohama National University di Jepang menemukan jika zat itu bisa menolong pertumbuhan rambut tikus. Zat itu adalah dimethylpolysiloxane, dan dicampurkan pada minyak untuk menggoreng french fries. Tujuannya supaya minyak goreng tidak memercik saat digunakan. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Biomaterials. Mereka percaya hasil penelitian bisa diterapkan pada manusia.

“Metode sederhana ini sangat kuat dan menjanjikan. Kami harap jika teknik ini akan menolong terapi regenerasi rambut manusia untuk merawat rambut rontok seperti androgenic alopecia,” kata Junji Fukuda, salah satu pemimpin dalam penelitian.

Dengan dimethylpolysiloxane, mereka bisa menumbuhkan 5000 bibit kantong rambut. Saat kantong rambut itu ditanamkan pada tikus yang botak, rambut baru mulai tumbuh.

Penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum bisa digunakan pada manusia. Tapi para peneliti berkata hasilnya menjanjikan. Menurut data Andrology Australia, kebotakan parah mempengaruhi 20 persen pria pada usia 20-an dan 40 persen pria pada usia 40-an. Sementara itu lebih dari 55 persen wanita juga mengalami kerontokan rambut.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge