0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Zumi Zola Tersangka, Ini yang Dilakukan DPP PAN

Timlo.net — Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya Sugiarto mengatakan partainya akan menyiapkan pendampingan hukum untuk Gubernur Jambi Zumi Zola yang menjadi tersangka korupsi.

“Dari partai menyiapkan pendampingan, Ketua umum telah memerintahkan untuk menghormati proses hukum,” kata Bima di Bogor, Jumat.

Sebagai sahabat, kata Bima, kasus yang menimpa Zumi Zola sebagai musibah, dan cobaan luar biasa terutama bagi partai.

Baginya Zumi adalah sosok kawan dekat di partai, memiliki banyak prestasi menjadi bupati di Jambi.

“Sebagai sahabat saya sedih, saya ikuti Zumi sejak menjadi bupati, banyak bertukar pikiran kalau bertemu, banyak diskusi tentang banyak hal,” katanya.

Menurut Bima kasus yang menimpa Zumi hingga ditetapkan sebagai sangat mengejutkan untuk para kader PAN yang tidak mengetahui apa yang sebetulnya terjadi.

“Saya mendoakan yang terbaik, tentu keadilan bisa ditegakkan apapun itu,” kata Bima.

Berkaca dari kasus Zumi, Bima mengatakan saat ini diperlukan birokrasi zaman “now” agar tidk terjebak dengan pola-pola lama.

“Jebakan itu ada di mana-mana. Kadang kita tau itu jebakan, kadang tidak tau itu jebakan,” katanya.

Maka, lanjut Bima, setiap kali menandatangani atau memparaf dokumen perlu kehati-hatian, sehingga konsekuensinya proses yang memerlukan persetujuannya agak lama.

“Selama ini saya hati-hati betul, ada tim khusus yang memeriksa dulu semua setelah aman baru saya tanda tangan, kalau ragu saya panggil lagi,” kataya.

Menurut Bima, ada kebiasaan masa lalu yang arus ditinggal, dan beralih ke teknologi. Kebijakan transaksi nontunai menargetkan ke arah tidak ada lagi transaksi tunai yang berseliwiran ke mana-mana.

“Semua ada sistemnya, ke depan dengan dewan tidak ada lagi persoalan-persoalan yang berlawanan hukum,” kata Bima.

Gubernur Jambi 2016-2021 Zumi Zola ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka penerimaan gratifikasi senilai Rp 6 Miliar.

Sumber : Antara

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge