0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tak Hadir Saat Verifikasi, Pengurus Partai Gerindra Gunakan Video Call

KPU melakukan verifikasi di Kantor DPC Partai Gerindra Sragen (timlo.net/raymond)

Sragen – Verifikasi partai politik (Parpol) peserta pemilu memasuki hari terakhir. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen telah melakukan verifikasi kepada 15 parpol yang ada di Bumi Sukowati. Partai Gerindra salah satu parpol yang diverifikasi pada hari terakhir. Walau hasilnya baru diumumkan pada 2 Febriari, namun parta bentukan Prabowo Subianto tersebut yakin lolos verifikasi.

“Setelah selesai melakukan verifikasi faktual. KPU tak ada pesen apa pun dan kami menganggap verifikasi Partai Gerindra lolos,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra, Sri Sunaryo, Kamis (1/2).

Sri Sunaryo menyampaikan, verifikasi terhadap Partai Gerindra telah dilakukan menyeluruh dan hampir tidak ada masalah. Mulai dari kehadiran pengurus dari ketua, sekretaris dan bendahara (KSB), keterwakilan 30 persen perempuan dan sttatus kantor. Hanya saja satu pengurus perempuan tidak hadir lantaran yang bersangkutan atas nama Mahendra Wati sedang berada di Jakarta.

“30 Persen pengurus perempuan dari 7 orang yang hadir 6, yang satu bu Mahendra Wati posisi ada di Jakarta. Akan tetapi KPU menggunakan perangkat lain berupa video call dan bisa nyambung dengan bu Mahendra Wati dan bisa menunjukkan kartu tanda anggota,” jelas Sunaryo kepada wartawan.

Pihaknya juga bisa menghadirkan anggota partai yang berumlah 56 orang dari yang dipersyaratkan sebanyak 50 orang anggota. Selain itu terkait domisili kantor bisa dibuktikan dengan surat keterangan dari Lurah Sragen Tengah.

“Tapi hasilnya tersebut oleh KPU baru akan diumumkan tanggal 2 Februari dengan berita acara bersama parpol lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Sragen Divisi Hukum, Diyah Nur Widowati menyampaikan, KPU memberi kesempatan kepada parpol perserta Pemilu untuk melakukan perbaikan jika dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Waktu perbaikan diberikan selama tiga hari sejak diumumkan hasil verifikasi tanggal 2 Februaeri mendatang.

“Setelah pleno kalau belum memenuhi syarat verifikasi administrasi, perkantoran, kepengurusan, dan keterwakilan 30 persen perempuan, 5 persen syarat keanggotaan 50 persen atau 10 kecamatan, masih akan ada perbaikan tanggal 3 sampai 5 Februari. Apabila tidak ada perbaikan berarti selesai,” paparnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge